Jumat, 19 November 2021

Resume Pertemuan Keduapuluhsatu_"Pemasaran Buku"_Delvi Oktovianti

 

Pemasaran Buku


Judul                :  Pelatihan Belajar Menulis PGRI

Resume Ke       :  21

Gelombang      :  21

Tanggal            :  19 November 2021

Tema               :  Pemasaran Buku

Narasumber     :  Agus Subardana, M.M

 

Bismillahirrahmanirrahim …

Sejenak baru saja mau merebahkan tubuh untuk istirahat setelah seharian beraktivitas yang sangat memeras tenaga dan pikiran, saya buka whatsaap Group Belajar Menulis Gelombang 21 sudah ada flyer ditampilkan untuk malam ini. Perkiraan tadinya pelatihan akan dimulai sehabis isya tetapi moderator Ms. Phia sudah akan memulai materi hari ini karena narasumber memiliki aktivitas lain sehingga harus memajukan jadwal belajar. 

Narasumber malam ini yang akan memberikan materi dengan tema “Pemasaran Buku” adalah Bapak Agus Subardana, M.M dan ditemani moderator yang cantik dan aktif yang menguasai banyak bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol bernama Ms. Phia. Pertemuan malam ini seperti biasa akan dibagi menjadi empat bagian yaitu pembukaan, pemaparan materi, diskusi dan penutup. Tanpa basa – basi lagi mari kita simak materi malam ini dengan semangat dan ikhlas.

 

A.          Biodata Singkat Narasumber

Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Subardana, M.M lahir di Yogyakarta, 11 September 1973. Beliau adalah seorang direktur bagian pemasaran sebuah buku di penerbit Andi yang merupakan salah satu penerbit Mayor. Beliau sudah berkecimpung di penerbit Andi selama 17 tahun, bukan waktu yang sebentar. Pendidikan Bapak Agus adalah tamatan S1 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan S2 di Universitas Satya Negara Jakarta bidang Pemasaran, maka tak salah jika sekarang beliau dipercaya untuk menjadi direktur penerbit Andi. Selain bertugas di bagian pemasaran Bapak Andi sangat aktif sebagai moderator dari berbagai event. Untuk profil lengkap beliau dapat dilihat di

 

https://omjaylabs.files.wordpress.com/2020/04/cv-singkat-pak-agus-subardana.pdf

 

B.           Pengertian Buku

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Didalam sebuah buku kita bisa mendapatkan berbagai sumber ilmu pengetahuan, sarana dalam proses pembelajaran dan sarana penyampaian berbagai informasi. Sejak dalam buaian ibu, dari bayi, anak hingga dewasa sudah dikenalkan dengan berbagai macam buku baik itu buku cerita bergambar maupun buku pengetahuan dengan berbagai penerbit.

 

Permerintah telah menggalakkan program literasi membaca sejak beberapa tahun kebelakang sehingga semua generasi muda diharapkan mempunyai minat membaca yang tinggi terutama anak usia sekolah. Indonesia memiliki budaya membaca yang sangat rendah oleh karena itu pemerintah menghimbau untuk semua anak untuk rajin membaca bukan hanya buku fiksi tetapi juga buku non fiksi. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

 

C.          Selayang Pandang Penerbit Andi

Penerbit Andi sudah menggeluti dunia penerbitan selama 40 tahun dan sudah menerbitkan buku sebanyak 20 judul buku yang dikelompokkan menjadi 32 kategori buku. Penerbit Andi termasuk salah satu penerbit yang mempunyai 32 kategori buku seperti buku anak, buku bisnis, novel, buku pertanian, buku pengembangan diri, buku teks perguruan tinggi, buku perternakan dan buku perikanan. Dibawah ini ditampilkan link yang mau menghubungi penerbit Andi 

http://www.andipublisher.com/

 

D.          Bagaiamana Cara Memasarkan Buku

Dampak pandemi covid-19 yang dimulai pada bulan maret tahun lalu membuat lumpuhnya berbagai sektor usaha salah satunya usaha penerbitan buku. Toko buku yang ada di seluruh kota mengalami kemunduran omset penjual buku, untuk menyikapi hal itu beberapa penerbit memerlukan perubahan dalam strategi pemasaran buku.

 

Strategi pemasaran buku yang dilakukan adalah :

1)        Strategi Pemasaran buku serangan udara (Online)

-    Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-   Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga

-    Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-    Menaikan penjualan dan profit

-    Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-    Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-   Mengubah tingkah laku (yang kurang minat beli, menjadikan tertarik beli ), persepsi dan pendapat konsumen

 

2)        Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat (Offline)

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

 

Dua strategi pemasaran melalui serangan darat (Offline) adalah :

a)    Strategi Promosi di toko buku Modern antara lain :

-  Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol

-  Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

-  Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu

-  Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB,       Program TAM)

Sumber : Display di Toko Buku

  

b)    Strategi Pemasaran dengan Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan. Jenis katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-      Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP,  SMA, SMK)

-       Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

-       Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

 

Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas maka sebagai Industri Penerbitan Buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual/ sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-    Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui Kepala Sekolah, bagian Kurikulum, Biro Umum

-    Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor

-    Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpustakaan Kampus, Perpustaan Daerah

 

Untuk bisa memasarkan buku terutama selama pandemi ini banyak strategi yang dapat dilakukan intinya harus konsisten dan pantang menyerah. Tenaga pemasaran buku sangat berjasa menyebarkan karya – karya buku ke pelosok lapisan untuk menebar ilmu pengetahuan. Buku adalah gudang ilmu dimana jika dibaca maka akan banyak pengetahuan dan wawasan yang dapat kita peroleh. Perjuangan seorang penulis layak disandingkan dengan pahlawan yang akan dikenang karena karya – karyanya. Penulis tidak memerlukan senjata karena senjata mereka adalah pena. Mari menulis terus semoga semua tulisan kita semua dapat diterbitkan di penerbit Andi, Aamiin.

 

Sosis solo daging sapi,

Selesai mandi siap berjoget,

Buku solo dibungkus rapi,

Penerbit Andi menjadi target.

 

Pangkalpinang, 19 November 2021

 

7 komentar: