Teknik
Promosi Buku
Judul : Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Resume Ke : 28
Gelombang :
21
Tanggal :
6 Desember 2021
Tema :
Teknik Promosi Buku
Narasumber : Akbar
Zainuddin
Bismillahirrahmanirrahim
…
Tema malam ini yang akan
diangkat oleh narasumber adalah “Teknik Promosi Buku” ditemani oleh sang moderator
Bapak Dail Ma’ruf akan dikupas secara lengkap berdasarkan pengalaman narasumber.
Tema ini sangat penting diketahui oleh penulis pada saat sudah menerbitkan buku.
Buku yang dibuat harus bisa dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan para pembaca.
A.
Biodata
Singkat Narasumber
Narasumber malam ini bernama Akbar Zainudin lahir di
Banyumas, 7 Februari 1973 . Buku yang dihasilkan berjumlah 15 buku salah
satunya berjudul “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh -
sungguh maka dia akan berhasil. Pendidikan beliau di MI Muhammadiyah Wangon
kemudian selama 6 tahun melanjutkan di Pondok Modern Gontor. Pendidikan S1 di
IAIN Jakarta jurusan perbandingan agama fakultas Ushuluddin. Setelah menimba
ilmu agama bapak Akbar melanjutkan sekolah Bisnis Prasetiya Mulya jurusan
Manajemen Pemasaran.
Selain buku Man Jadda Wajada, Bapak Akbar membuat buku UKTUB: Panduan Menulis Buku 180 Hari. Isi dari buku tersebut dapat dilihat di link YouTube berikut :
Sumber : https://youtu.be/lZhAixv86wA
Sumber : Buku Bapak Akbar
B.
Target
Pembaca
Sebelum
menulis penulis harus memetakan siapa yang akan menjadi target pembaca antara
lain :
1.
Melihat
usia anak atau remaja
2.
Melihat
life style untuk usia dewasa
Target pembaca
dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan buku kita akan dipasarkan dimana sesuai
dengan pembaca
C.
Bagaimana
Strategi Pemasaran Buku
Strategi
pemasaran termasuk buku terdiri dari empat hal (4P) antara lain :
1.
Product
(strategi product)
Konsep buku
harus menyesuaikan dengan kebutuhan audience atau pembaca, misalnya buku untuk
guru, siswa, santri atau anak – anak berbeda – beda kebutuhannya. Jika untuk
anak harus banyak ilustrasi agar menarik dan gambar sedangkan untuk remaja
harus memperhatikan format bukunya lebih funky dengann cover yang menarik.
Penulis harus bisa memberikan masukan kepada penerbit pada saat menulis buku
2.
Price
(strategi harga)
Penentuan
harga ada dua macam strategi yaitu
a.
Harga
umum adalah harga buku dijual dengan harga yang standar misalnya 100 ribu
b. Harga
premium misalnya 100 ribu padahal bukunya tipis bisa dijual diatas rata – rata yang
penting kualitas buku baik dari segi hard cover ditambah bonus – bonus (voucher
seminar, workshop dan lain – lain ) akan dihargai premium
3.
Place
of distribution (distribusi)
Distribusi
secara umum dibagi menjadi dua yaitu :
a.
Distribusi
tradisional misalnya melalui toko – toko buku baik toko buku besar Gramedia,
Kharisma maupun toko kecil di kampus yang ditujukan untuk mahasiswa
b.
Distribusi
non tradisional misalnya melalui MLM, melalui penjualan langsung baik secara
langsung maupun online, instragam, facebook dan leway dan melalui marketplace
Lazada, Buka lapak dan Toko Pedia
4.
Strategi
promosi
Promosi
buku bukan hanya dilakukan oleh penerbit tetapi juga penulis dengan tujuan
supaya buku kita dikenal sehingga orang tertarik untuk membeli.
D.
Bagaimana
Strategi Promosi Buku
Beberapa
program promosi yang dilakukan penulis dan penerbit :
1.
Launching
Adalah program
untuk meluncurkan buku baru yang diterbitkan bisa kita luncurkan atau launching
di mesjid, aula, lembaga pendidikan, hotel yang diadakan oleh penerbit dan
kolaborasi dengan penulis
2.
Bedah
buku
Adalah
acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku dilakukan di berbagai
tempat dengan mengumpulkan masa misal perpustakaan daerah, perpustakaan kampus
dan mesjid. Bedah buku dilakukan dengan memberikan diskon untuk penyelenggara
yang menyelenggarakan. Bedah buku juga dapat dilakukan secara online di
Facebook dan nstragam.
3. Seminar atau workshop
Seminar dilakukan sesuai dengan tema buku yang dibuat. Seminar yang dilakukan pertama bisa gratis dengan tujuan untuk mengenalkan buku kita
4.
Membangun
komunitas
Komunitas
dibutuhkan untuk memasarkan buku kita misalnya di pesantren. Komunitas
tergantung buku yang dibuat misalnya buku bisnis buatkan komunitas bisnis.
Komunitas membuat kita akan lebih dekat denagan pembaca sehingga akan lebih
mudah menawarkan buku kita.
5. Membangun jaringan reseller
Promosi reseller dengan memberikan 20 atau 30 % komisi dari hasil penjualan
6. Menjual buku di marketplace
Misalnya Lazada, Buka lapak dan Toko Pedia
7. Mempromosikan buku di medsos
Misalnya instragam. Tujuannya suapaya orang lebih mengenali buku
yang kita buat dan tertarik membeli buku kita
E. Keterampilan
yang Harus Dimiliki Penulis dalam Menjual Buku
Penulis
harus memiliki tiga keterampilan dalam menjual buku antara lain :
1.
Keterampilan
berbicara
Dibutuhkan
pada saat acara promosi buku baik langsung maupun melalui rekaman di Medsos
maupun Youtube
2.
Kemampuan
copywriting
Dibutuhkan
untuk membuat kata – kata menarik pada saat promosi dan penjualan buku terutama
di abad 21
3.
Pemanfaatan
teknologi
Dibutuhkan
untuk memanfaatkan teknologi informasi melalui media sosial seperti YouTube,
WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, GoogleMeet dan lainnya
Penulis
sekarang tidak hanya dituntut untuk sekedar menulis tetapi juga harus bisa
memasarkan buku yang dibuatnya. Tujuan agar dengan buku yang banyak terjual
maka manfaat dari buku yang dibuat akan semakin banyak yang menikmatinya. Dalam
menulis buku yang harus diperhatikan selain promosi tetapi juga target untuk
siapa buku dibutuhkan. Jangan malu untuk mempromosikan buku kita jikalau buku
kita tidak ada yang membeli jangan menyerah teruslah berusaha dan teruslah
menulis. Begitu banyak strategi yang dibongkar narasumber malam ini. Semoga
bisa diambil manfaatnya bagi kita penulis pemula maupun profesional.
Istri bukan hanya
aurat,
Suami siaga siap
antarkan,
Buku bukan hanya
dibuat,
Buku juga harus
dipromosikan.
Pangkalpinang, 06
Desember 2021
Lengkap say... Keren
BalasHapuscAKEP nih resume. mantap, lengkap enak dibaca. Bikin tambah semangat, kren
BalasHapusterbaik
Keren lengkap resumenya
BalasHapus