Senin, 06 Desember 2021

Resume Pertemuan Kedua Puluh Delapan_"Teknik Promosi Buku"_Delvi Oktovianti

 

Teknik Promosi Buku


Judul                :  Pelatihan Belajar Menulis PGRI

Resume Ke       :  28

Gelombang      :  21

Tanggal            :  6 Desember 2021

Tema               :  Teknik Promosi Buku

Narasumber     :  Akbar Zainuddin

 

Bismillahirrahmanirrahim …

Tema malam ini yang akan diangkat oleh narasumber adalah “Teknik Promosi Buku” ditemani oleh sang moderator Bapak Dail Ma’ruf akan dikupas secara lengkap berdasarkan pengalaman narasumber. Tema ini sangat penting diketahui oleh penulis pada saat sudah menerbitkan buku. Buku yang dibuat harus bisa dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan para pembaca.

 

A.            Biodata Singkat Narasumber

Narasumber malam ini bernama Akbar Zainudin lahir di Banyumas, 7 Februari 1973 . Buku yang dihasilkan berjumlah 15 buku salah satunya berjudul “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh - sungguh maka dia akan berhasil. Pendidikan beliau di MI Muhammadiyah Wangon kemudian selama 6 tahun melanjutkan di Pondok Modern Gontor. Pendidikan S1 di IAIN Jakarta jurusan perbandingan agama fakultas Ushuluddin. Setelah menimba ilmu agama bapak Akbar melanjutkan sekolah Bisnis Prasetiya Mulya jurusan Manajemen Pemasaran.

 

Selain buku Man Jadda Wajada, Bapak Akbar membuat buku UKTUB: Panduan Menulis Buku 180 Hari. Isi dari buku tersebut dapat dilihat di link YouTube berikut :


Sumber : https://youtu.be/lZhAixv86wA

 

Sumber : Buku Bapak Akbar

 

B.             Target Pembaca

Sebelum menulis penulis harus memetakan siapa yang akan menjadi target pembaca antara lain :

1.         Melihat usia anak atau remaja

2.         Melihat life style untuk usia dewasa

Target pembaca dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan buku kita akan dipasarkan dimana sesuai dengan pembaca

 

C.            Bagaimana Strategi Pemasaran Buku

 Strategi pemasaran termasuk buku terdiri dari empat hal (4P) antara lain :

1.         Product (strategi product)

Konsep buku harus menyesuaikan dengan kebutuhan audience atau pembaca, misalnya buku untuk guru, siswa, santri atau anak – anak berbeda – beda kebutuhannya. Jika untuk anak harus banyak ilustrasi agar menarik dan gambar sedangkan untuk remaja harus memperhatikan format bukunya lebih funky dengann cover yang menarik. Penulis harus bisa memberikan masukan kepada penerbit pada saat menulis buku

 

2.         Price (strategi harga)

        Penentuan harga ada dua macam strategi yaitu

a.       Harga umum adalah harga buku dijual dengan harga yang standar misalnya 100 ribu

b.   Harga premium misalnya 100 ribu padahal bukunya tipis bisa dijual diatas rata – rata yang penting kualitas buku baik dari segi hard cover ditambah bonus – bonus (voucher seminar, workshop dan lain – lain ) akan dihargai premium

 

3.         Place of distribution (distribusi)

Distribusi secara umum dibagi menjadi dua yaitu :

a.       Distribusi tradisional misalnya melalui toko – toko buku baik toko buku besar Gramedia, Kharisma maupun toko kecil di kampus yang ditujukan untuk mahasiswa

b.       Distribusi non tradisional misalnya melalui MLM, melalui penjualan langsung baik secara langsung maupun online, instragam, facebook dan leway dan melalui marketplace Lazada, Buka lapak dan Toko Pedia

 

4.         Strategi promosi

Promosi buku bukan hanya dilakukan oleh penerbit tetapi juga penulis dengan tujuan supaya buku kita dikenal sehingga orang tertarik untuk membeli.

 

D.            Bagaimana Strategi Promosi Buku

Beberapa program promosi yang dilakukan penulis dan penerbit :

1.         Launching

Adalah program untuk meluncurkan buku baru yang diterbitkan bisa kita luncurkan atau launching di mesjid, aula, lembaga pendidikan, hotel yang diadakan oleh penerbit dan kolaborasi dengan penulis

2.         Bedah buku

Adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku dilakukan di berbagai tempat dengan mengumpulkan masa misal perpustakaan daerah, perpustakaan kampus dan mesjid. Bedah buku dilakukan dengan memberikan diskon untuk penyelenggara yang menyelenggarakan. Bedah buku juga dapat dilakukan secara online di Facebook dan nstragam.

3.         Seminar atau workshop

        Seminar dilakukan sesuai dengan tema buku yang dibuat. Seminar yang dilakukan pertama bisa gratis dengan tujuan untuk mengenalkan buku kita

4.         Membangun komunitas

Komunitas dibutuhkan untuk memasarkan buku kita misalnya di pesantren. Komunitas tergantung buku yang dibuat misalnya buku bisnis buatkan komunitas bisnis. Komunitas membuat kita akan lebih dekat denagan pembaca sehingga akan lebih mudah menawarkan buku kita.

5.         Membangun jaringan reseller 

        Promosi reseller dengan memberikan 20 atau 30 % komisi dari hasil penjualan

6.         Menjual buku di marketplace 

        Misalnya Lazada, Buka lapak dan Toko Pedia

7.         Mempromosikan buku di medsos 

        Misalnya instragam. Tujuannya suapaya orang lebih mengenali buku yang kita buat dan tertarik membeli buku kita

 

E.            Keterampilan yang Harus Dimiliki Penulis dalam Menjual Buku

Penulis harus memiliki tiga keterampilan dalam menjual buku antara lain :

1.         Keterampilan berbicara

Dibutuhkan pada saat acara promosi buku baik langsung maupun melalui rekaman di Medsos maupun Youtube

2.         Kemampuan copywriting

Dibutuhkan untuk membuat kata – kata menarik pada saat promosi dan penjualan buku terutama di abad 21

3.         Pemanfaatan teknologi

Dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi informasi melalui media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, GoogleMeet dan lainnya

 

Penulis sekarang tidak hanya dituntut untuk sekedar menulis tetapi juga harus bisa memasarkan buku yang dibuatnya. Tujuan agar dengan buku yang banyak terjual maka manfaat dari buku yang dibuat akan semakin banyak yang menikmatinya. Dalam menulis buku yang harus diperhatikan selain promosi tetapi juga target untuk siapa buku dibutuhkan. Jangan malu untuk mempromosikan buku kita jikalau buku kita tidak ada yang membeli jangan menyerah teruslah berusaha dan teruslah menulis. Begitu banyak strategi yang dibongkar narasumber malam ini. Semoga bisa diambil manfaatnya bagi kita penulis pemula maupun profesional.

 

Istri bukan hanya aurat,

Suami siaga siap antarkan,

Buku bukan hanya dibuat,

Buku juga harus dipromosikan.

 

Pangkalpinang, 06 Desember 2021

3 komentar: